Ayo Ikut Aktif Menandai Konten yang Tidak Pantas

Kita semua dapat ikut berpartisipasi aktif untuk membuat tayangan YouTube aman bagi anak. Salah satu caranya adalah dengan ikut aktif memberi tanda atau melaporkan (report) pada konten yang Anda anggap tidak pantas. Tentu cara ini tidak serta merta membuat suatu konten dihapus oleh YouTube, seberapa banyakpun yang memberi tanda. Tetapi minimal ini adalah usaha yang dapat dilakukan. Menurut beberapa informasi yang kami dapatkan, walaupun suatu tanda (report) dianggap tidak cukup kuat bagi YouTube untuk menghapus suatu konten, namun biasanya YouTube akan menempatkannya dalam kategori "age restricted" (pembatasan usia) yang hanya dapat ditonton oleh akun yang memiliki umur 18 tahun keatas. Makanya pastikan saat membuat akun khusus untuk anak, Anda masukkan umur yang muda (diatas batasan minimum 13 tahun dan dibawah 15 tahun agar aman).

Ada 3 macam konten yang dapat ditandai atau dilaporkan, yaitu video, komentar dan saluran. Usahakan Anda dapat ikut aktif memberikan laporan. Jika ribuan orangtua yang peduli ikut serta, maka kita pasti akan memberikan sumbangan berharga untuk YouTube yang lebih aman bagi anak.
Baca cara menandai atau melaporkan konten di YouTube
Pelajari konten yang bisa diberi pembatasan usia
Jika ada konten yang sangat serius manyalahi norma atau Anda anggap sangat tidak pantas dan memerlukan perhatian lebih tinggi dari YouTube, Anda dapat melaporkannya secara lebih rinci disini:
Alat pelaporan (safety and abuse reporting)

No comments:

Post a Comment